Aryatmono Siswadi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Deskripsi Mars SMP Negeri 2 Bawang

“MARS SMP NEGERI 2 BAWANG ”

A. Pendahuluan Lagu Mars ini diciptakan dalam rangka meningkatkan semangat warga sekolah. Musik mars atau lagu mars merupakan suatu komposisi musik dengan irama teratur dan kuat. Musik mars khususnya diciptakan untuk meningkatkan keteraturan dalam berbaris sebuah kelompok besar, terutama barisan tentara. Musik ini sering sekali dimainkan oleh korps musik militer. Lagu mars menggunakan tempo cepat dan biasanya ditulis dalam birama genap 2/4 atau 4/4, namun tetapi ada pula yang ditulis dalam birama 6/8.

Menurt Kamus Besar Bahasa Indonesia Lagu Mars adalah irama musik dengan tempo setengah atau seperempat untuk mengiringi tentara berbaris

Memiliki sebuah lagu kebesaran yang sering berwujud lagu mars adalah sebuah kebanggaan. Sekolah yang syarat dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung kebesarannya sering mengadakan kegiatan yang diperhatikan oleh orang banyak termasuk kegiatan yang menampilkan berbagai seni pertunjukan, baik seni tari, seni musik, dan seni yang lainnya.

1

Dalam menampilkan seni-seni pertunjukannya tersebut di atas, seperti ada yang kurang, ketika tidak ada penampilan seni yang bertujuan “membesarkan” dan “membanggakan” nama sekolah tersebut: SMP Negeri 2 Bawang. Oleh karena itu, dipandang perlu bagi SMP Negeri 2 Bawang memiliki cara “membesarkan dan membanggakan” sekolahnya melalui seni suara, yaitu yang berbentuk lagu.

Lagu yang tepat berkaitan dengan apa yang tersirat dalam paparan di atas tidak lain adalah lagu yang berbentuk Mars. Setelah melalui diskusi dengan pihak SMP Negeri 2 Bawang khususnya guru Bahasa Indonesia yaitu bapak Drs. Widodo saat itu, disepakati adanya penciptaan lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang.

Judul ini ditentukan sesuai dengan nama sekolah tersebut yang memang belum memiliki lagu Mars. Lagu Mars ini tercipta berbarengan dengan suatu acara serah terima jabatan kepala sekolah SMP Negeri 2 Bawang pada tahun 2017. Hal ini sejalan dengan kebutuhan yang hendak diwujudkan pada saat itu.

B. Lagu Lagu Mars ini terdiri atas 32 birama dan menggunakan birama 4/4. Tujuan diciptakannya lagu ini adalah untuk memberikan semangat bagi warga sekolah baik yang masih menjadi siswa maupun yang sudah menjadi alumni, agar mereka yakin bahwa pilihan menjadi warga sekolah SMP Negeri 2 Bawang guna meningkatkan kesejahteraan hidup adalah benar adanya. Dengan menggunakan nada dasar do = E, maka harapan para anggota agar dapat bernyanyi dengan baik dapat tercapai. Nada dasar ini digunakan dengan pertimbangan bahwa supaya pada saat menyanyikannya, jangkauan nada antara yang rendah dan yang tinggi dapat dilalui. Oleh karena definisi musik mars adalah lagu yang memiliki irama kuat dan teratur, maka lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang ini menggunakan tempo allegro con spirito, yang berarti tegas, kuat dan bersemangat.

C. Tujuan Penciptaan

Tujuan yang paling lazim berkaitan dengan penciptaan lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang adalah sebagai salah satu penyempurna sebagai sebuah sekolah di Indonesia. Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang ini diciptakan juga sebagai salah satu alat untuk memberi penghargaan atas dirinya sendiri sebagai sebuah sekolah menengah pertama yang telah memiliki pengaruh yang cukup besar dalam dunia Pendidikan di Indonesia. Demikian penciptaan lagu ini dimaksudkan bagi SMP Negeri 2 Bawang.

Setelah lagu ini dimiliki maka harapan kedepan dalam kegiatan-kegiatan penting seperti upacara-upacara termasuk upacara bendera pada hari Senin, kegiatan tutup tahun, dan sebagainya, akan dinyanyikan lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang.

D. Manfaat Hasil Cipta

Seperti telah disinggung di atas, bahwa setelah SMP Negeri 2 Bawang memiliki lagu Mars, maka setiap saat (terutama dalam acara-acara ceremonial seperti : Upacara Bendera Senin, Ulang Tahun Sekolah, Tutup Tahun, dan sebagainya) kebesaran nama SMP Negeri 2 Bawang berkumandang melalui lagu Mars tersebut. Dengan dikumandangkannya Mars tersebut, maka besarlah nama SMP Negeri 2 Bawang.

E. Isi Lagu Mars SMP NEGERI 2 BAWANG

Syair lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang ini dicipta secara sederhana baik dari pendeknya lagu maupun bahasanya, dengan tujuan agar mudah dinyanyikan dan mudah dihafalkan. Demikian juga melodinya, lagu ini dicipta secara sederhana pula.

Mars pada dasarnya merupakan lagu yang diciptakan untuk memberikan dorongan semangat, sekaligus membanggakan dan membesarkan subjek tersebut. Melalui syair lagu Mars ini juga dimuat visi dan misi SMP Negeri 2 Bawang. Jadi, Mars SMP Negeri 2 Bawang diciptakan memang untuk dinyanyikan sebagai penanda bahwa melalui lagu tersebut nama SMP Negeri 2 Bawang dibanggakan, dibesarkan. Seperti tertulis dalam syairnya :

Suara menggema gegap gempita

Putra bangsa ingin berkarya

Meramu siswa citra mulia

Generasi harapan bangsa

SMP Negeri 2 Bawang

Maju untuk masa depan

Menghadapi segala tantangan

Di bumi pertiwi Indonesia

Bekerja keras raih prestasi

Belajar untuk mandiri

Terampil cerdas dan berkompetensi

Bermartabat dan berbudi

Silih asah saling ajar

Silih asih serta iklas

Dengan berlandaskan Pancasila

SMP Dua Bawang selamanya

(Notasi Melodi selengkapnya dapat dilihat pada lampiran).

Suara menggema gegap gempita Putra bangsa ingin berkarya Meramu siswa citra mulia Generasi harapan bangsa .

Pada syair ini jelas menyiratkan makna bahwa siapapun bersekolah di SMP Negeri 2 Bawang akan menggema dalam berkarya dan menjadi harapan bangsa Indonesia. Selanjutnya semangat belajar di SMP Negeri 2 Bawang ini digambarkan bahwa memang apabila belajar di tempat yang penuh dengan harapan adalah memang di SMP Negeri 2 Bawang

SMP Negeri 2 Bawang Maju untuk masa depan Menghadapi segala tantangan Di bumi pertiwi Indonesia.

SMP Negeri 2 Bawang bertekad untuk maju meraih masa depan dan siap menghadapi tantangan jaman dibumi Nusantara tercinta, walaupun godaan dan rintangan selalu menghantui setiap sepak terjang siswa SMP Negeri 2 Bawang.

Bekerja keras raih prestasi, Belajar untuk mandiri, Terampil cerdas dan berkompetensi Bermartabat dan berbudi cerdas, trampil, bertaqwa, berbudaya. Jujur, serta berbudi pekerti luhur, kreatif, mandiri.

Sesuai dengan visi dan misinya, SMP Negeri 2 Bawang terus melangkah dengan berbagai pengembangannya diperbagai aspek, agar mencapai lulusan yang cerdas, terampil, bertaqwa, berbudaya, jujur, berbudi pekerti luruh, kreatif, dan mandiri.

Silih asah saling ajar, Silih asih serta iklas, Dengan berlandaskan Pancasila, SMP Dua Bawang selamanya

Warga sekolah diajarkan agar saling asah, saling asih dan saling ajar. Agar kemandirian di SMP Negeri 2 Bawang dapat tercipta dengan baik. Semua yang dilakukan oleh warga sekolah berdasarkan Pancasila, saling toleransi, saling menghormati, saling patuh akan tata tertib. Sehingga yang kita cita-cita bahwa SMP Negeri 2 Bawang akan mebjadi sekolah pilihan bagi warga masyarakat Bawang selamanya.

F. Analisis Bentuk Lagu

Berdasarkan prinsip dasar jenis lagu bahwa Mars merupakan jenis lagu yang dicipta untuk memberikan semangat saat orang mau “melangkah” (berjalan, berbaris), agar terfokus pada satu tujuan (ke depan), maka lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang dicipta agar langkah para siswanya mantap. Apabila dilihat dari melodinya, melodi lagu ini mengikuti Ritme yang tidak menghentak-hentak seperti lagu Mars. Dengan tujuan ketika menyanyikan lagu Mars ini terasa lebih tegas dan mantap, maka melodi disusun dengan memilih not-not yang tidak terlalu banyak bernilai perenambelasan (♫) pada sukat 4/4.

Berdasarkan bentuknya, lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang ini memiliki bentuk lagu ABCB’.

Bentuk A terlihat pada bagian berikut :

Suara menggema gegap gempita

Putra bangsa ingin berkarya

Meramu siswa citra mulia

Generasi harapan bangsa

Sedangkan bentuk B terlihat pada bagian berikut :

SMP Negeri 2 Bawang

Maju untuk masa depan

Menghadapi segala tantangan

Di bumi pertiwi Indonesia

Dan bentuk C’ (bentuk refrain) adalah pada :

Bekerja keras raih prestasi

Belajar untuk mandiri

Terampil cerdas dan berkompetensi

Bermartabat dan berbudi

Dan bentuk B’ (bentuk pengulangan dari bentuk B) adalah pada :

Silih asah saling ajar

Silih asih serta iklas

Dengan berlandaskan Pancasila

SMP Dua Bawang selamanya

(Notasi Melodi selengkapnya dapat dilihat pada lampiran).

Setiap lagu memiliki harapan bahwa pesan yang dimuat di dalamnya dapat ditangkap dan lebih dari itu dilakkukan. Pada lagu ini mengandung beberapa pesan di luar membanggakan eksistensi sekolah: SMP Negeri 2 Bawang

Hidup ini sepeerti sebuah perjalanan. Dengan kata lain ketika kita menyadari bahwa hidup ini terus menggema, maka kita perlu menentukan pilihan untuk melangkah: caranya melangkah bagaimana. Lagu ini dimulai dengan kalimat: “Suara menggema gegap gempita”, ini mengandung maksud: bahwa suara menggema berarti warga sekolah selalu mengumandangkan tentang pendidikan. Disusul dengan kalimat: “Putra bangsa ingin berkarya”, yang apabila disambung dengan kalimat sebelumnya: Suara mengema gegap gempita Putra bangsa ingin berkarya. Kalimat berikutnya yang berbunyi “meramu siswa citra mulia generasi harapan bangsa” dimaksudkan bahwa apabila kita ingin meramu siswa maka harapan menjadi generasi yang hebat akan tecapai, kita perlu memilih dan dan bangga dengan pilihan sekolah yang disenangi banyak orang: SMP Negeri 2 Bawang, yaitu sekolah yang penuh prestasi. Maksud dari “penuh prestasi” adalah bahw SMP Negeri 2 Bawang punya harapan besar agar sekolah memiliki prestasi yang membanggakan.

G. Partitur Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang

H. Surat Keputusan Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang

PEMERINTAH KABUPATEN BATANG

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

SMP NEGERI 2 BAWANG

(Status : Terakreditasi A)

Alamat: Desa Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Kode Pos 51274

KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 BAWANG

Nomor : 800 / 74 /2017

TENTANG

PENETAPAN LAGU MARS SMP NEGERI 2 BAWANG

Menimbang : a. bahwa SMP Negeri 2 Bawang pada dasarnya memiliki semangat pengabdian untuk membangun karakter siswa siswi , maka sepatutnya mendapatkan apresiasi yang salah satunya diekspresikan melalui sebuah lagu Mars ;

b. bahwa untuk mewujudkan hal tersebut pada huruf a, maka dipandang perlu menetapkan Keputusan Kepala SMP Negeri 2 Bawang tentang Penetapan Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang sebagai Mars SMP Negeri 2 Bawang;

Mengingat : 1. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

2. Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta;

4. Rapat bersama memutuskan Hak Cipta Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang pada tanggal 8 Juli 2017

MEMUTUSKAN:

Menetapkan : KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 BAWANG TENTANG PENETAPAN LAGU MARS SMP NEGERI 2 BAWANG.

PERTAMA : Menetapkan Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang sebagaimana tercantum dalam Lampiran Keputusan ini sebagai Mars SMP Negeri 2 Bawang.

KEDUA : Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang sebagaimana dimaksud dalam diktum PERTAMA adalah :

Ciptaan : Aryatmono Siswadi, S.Pd, MA.

Nada Dasar : E

Tanda Birama : 4/4

Tanda Tempo : allegro con spirit yang berarti tegas,

kuat dan bersemangat

KETIGA : Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang sebagaimana dimaksud dalam diktum PERTAMA dikumandangkan pada setiap hari-hari penting yang berkaitan dengan dunia pendidikan di SMP Negeri 2 Bawang serta di waktu-waktu tertentu lainnya sesuai keperluan

KEEMPAT : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan

Ditetapkan di : Bawang

Pada tanggal : 8 Juli 2017

Kepala SMP Negeri 2 Bawang,

ARYATMONO SISWADI, S.Pd, MA

NIP. 196509221990031010

Tembusan: Kepada Yth,

Kepala Disdikbud Kab. Batang. Arsip

Lampiran : I

Nomor : 800/ 74 / 2017

Tentang : Penetapan Hak Lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang

allegro con spirit

Ditetapkan di : Bawang

Pada tanggal : 8 Juli 2017

Kepala SMP negeri 2 Bawang,

ARYATMONO SISWADI, S.Pd, MA NIP. 196509221990031010

RIWAYAT HIDUP ARYATMONO SISWADI

Kisah hidup Aryatmono Siswadi dimulai saat ia dilahirkan pada tanggal 22 September 1965 dari pasangan suami istri yang bernama Kasino dan Sri Wiji di desa kecil Eromoko Wonogiri Jawa Tengah. Aryatmono kecil merupakan anak ketiga dari enam saudara, jadi adik dari dua kakak laki-laki yakni Aryadi dan Aryanto menjadi kakak dari tiga adik perempuannya yang bernama Aryani, Ayanti dan Ardyanti. Ayahnya adalah orang Wonogiri asli, dan kakek-neneknya berasal dari desa yang ada di Eromoko. Ayahnya pernah menjabat menjadi Kepala Sekolah SD Eromoko 3.

Pendidikan yang ditempuh Aryatmono ia masuk ke sebuah SDtahun 1971 bernama SD Negeri Eromoko 3, lalu pada tahun 1977 masuk SMP Kristen Eromoko dan menlanjutkan ke SMA Kristen Surakarta pada tahun 1982 . Karena keterbatasan biaya maka Aryatmono kecil tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi, namun saat itu SMP di Kecamatan Eromoko masih membutuhkan tenaga mengajar maka Mono kecil mendaftarkan diri menjadi guru di SMP Kristen Eromoko menjadi guru Kesenian. Pada tahun kedua tepatnya tahun 1986 mendaftarkan diri ke Perguruan Tinggi di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) jurusan D2 Seni Rupa , setelah lulus tahun 1988 sambil menunggu SK pengangkatan, Mono kecil menjadi petugas kontrol sebuah perusahaan Bis Malam bernama Jadi Mulyo bertugas di RM Kutosari Gringsing, hingga tahun 1990. Tahun 1990 mendapatkan SK Pengangkatan di SMP Negeri 3 Jepara mengajar Mata Pelajara Kertangkes. Kemudian mutasi ke SMP Negeri 2 Gringsing pada tahun 1992 sampai tahun 2017. Mulai Tanggal 1 Pebruari 2017 mendapat tugas tambahan sebagai Kepala SMP Negeri 2 Bawang sampai sekarang.

Pada tahun 2001 melanjutkan pendidikan ke S-1 di Perguruan Tinggi Swasta di IKIP PGRI Semarang Jurusan PKn. Lulus tahun 2003 Dan pada tahun 2009 melanjutkan pendidikan S-2 di Universitas Tujuh Belas Agustus 1945 (UNTAG) Semarang. Jurusan Administrasi Pendidikan. Lulus tahun 2011.

Aryatmono yang mengajar bidang study Seni Budaya memiliki keahlian seni rupa dan seni musik. Dalam buku ini Aryatmono menuliskan deskripsi lagu Mars SMP Negeri 2 Bawang yang diciptakan sendiri. Semoga dengan penjelasan lagu Mars pembaca bisa mengerti dan memaknai setiap syair yang terdapat pada lagu tersebut.

Semoga lagu ini bisa menjadi inspirasi pembacanya, dan menambah wawasan dan wacana musik khususnya di Kabupaten Batang dan umumnya musik di Indonesia.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, mantaps. Sukses selalu dan barakallahu fiiik

11 Dec
Balas



search

New Post